Kesehatan Baik Untuk Tubuh Pada Buah Mangga

Mangga adalah sejenis buh, demikian pula pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mengifera, yang terdiri 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa indonesia menjadi mangga, dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga, mango dan lain lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti yang berbuah mangga, berasal dari india.

Buah Mangga:


Buah mangga adalah salah satu buah yang paling populer, kaya nutrisi serta unik dari setiap varitetas, baik aroma, dan rasa. Karena kaya nutrisi, menjadikan buah mangga baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Buah mangga juga lezat, dan dapat diolah menjadi banyak jenis makanan. Oleh karena fungsionalitasnya juga, buah mangga seringkali juga disebut sebagai buah super.

Mangga ada dalam berbagai bentuk dan ukuran, tergantung pada kultivar. Secara internal, daging buah berwarna oranye-kuning dengan banyak serat lembut, pembungkur biji berbentuk oval. Rasanya sangat menyenangkan dan kaya, manis yang disertai dengan sedikit rasa masam. Buah mangga yang berkualitas tinggi harus tidak ada atau sangat sedikit terdapat serat dan rasa asam minimal.

Kandungan Nutrisi Gizi Per 100gr Pada Buah Mangga:

Energi 70 Kcal 3.5%
Karbohidrat 17 g 13%
Protein 0.5 g 1%
Total Lemak 0.27 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%           
Diet Serat 1.80 g 4.5%                          

Vitamin
 
Folat 14 mg 3.5%
Niacin 0.584 mg 3.5%
ASam pantotenat 0.160 mg 1%
Pyridoxine (vit B-6) 0.134 mg 10%
Riboflavin 0.057 mg 4%
Thiamin 0.058 mg 5%
Vitamin C 27.7 mg 46%
Vitamin A 754 IU 25.5%
Vitmain E 1,12 mh 7.5%
Vitamin K 4.2 mg 3.5%

Elektrolit

Sodium 2 mg 0%
Kalium 156 mg 3%

Mineral

Kalsium 10 mg 1%
Tembaga 0.110 mg 12%
Besi 0.13 mg 1.5%
Magnesium 0.027 mg 1%
Seng 0.04 mg 0%
Mangan 0.027 mg 2%

Manfaat Buah Mangga Terhadap Kesehatan Tubuh:

  • Mencegah Pembentukan Kanker
Buah mangga kaya akan antioksidan yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan, diantaranya adalah mencegah terbentuknya kanker didalam tubuh, terutama kanker prostat dan kanker darah atau leukemia

  • Baik Untuk Pencernaan
Dalam 100gram buah mangga terkandunug 1,6 gram serat alam yang memiliki manfaat besar untuk pencernaan, sehingga baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah pencernaan.

  • Menjaga kesehatan Mata
Selain kandungan Vitamin C yang banyak, buah mangga ini juga mempunyai kandungan Vitmian A yang banyak. Dan mampu menjaga kesehatan mata.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol
Memberikan kada kolesterol jahat dalam tubuh terus meningkat tentu berdampak buruk bagi tubuh. Solusinya yaitu dengan menyediakan buah mangga didaftar menu makanan. Kandungan serat yang cukup tinggi, pectin serta vitmain C dalam mangga sangat efektif untuk menurunakn kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Mengatasi Insomnia
Meskipun dalam setiap 100 gram mangga hanyak terdapat kandungan 0.197 mg Asam Pantotenat atau vitamin B5, buah mangga dianjurkan bagi anda yang mengalami masalah dengan indomnia.

  • Meningkatkan Daya Ingat
Dalam buah mangga terkandung Glutamin, salah satu jenis asam amino yang diserap oleh otak dan memiliki meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan memperkuat daya ingat.

  • Baik Untuk Tulang dan Otot
Buah mangga juga mengandung kalsium yang memiliki manfaat besar bagi kekuatan tulang, metabolisme tubuh, otot, dan daya tahan tubuh.

  • Melengkapi Kebutuhan Zink
Meskipun hanyak memiliki kandungan sekitar 1% zink, buah mangga bisa ditambahkan pada menu konsumsi harian anda sebagai tambahan konsumsi zink.
Zink sendiri memiliki manfaat bagi tubuh, dan salah satu gejala kekurangan zink diantaranya jerawat dan ketombe.

  • Meningkatkan Mood
Sama halnya dengan manfaat yang terkandung didalam coklat, mangga juga dipercaya baik untuk menyegarkan pikiran dan menjaga mood, hal tersebut merupakan khasiat yang bisa dapatkan kandungan vitmain B6 dari buah mangga.

  • Meningkatkan Libido
Mangga ternyata juga memiliki manfaat besar untuk meningkatkan kadar testosteron bagi pria yang juga efektif menambah energi

  • Mencegah Diabetes
Kandunga glycemix dalam buah mangga relatif rendah dan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Daunya pun dapat juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan gula darah anda caranya ambil daun mangga secukupnya lalu rebus dengan air secukupnya, biarkan dengan lalu saring dan biarkan semalam, kemudian minum ke-esokan harinya.

Bagikan ke

300x250

0 Response

© 2013 Kumpulan Informasi Tentang Kesehatan - All Rights Reserved
Back to Top