Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan

Tapak liman merupakan suatu tanaman dari keluarga asteraceae dan termasuk kedalam jenis rumput rumputan. Tapak liman atau nama ilmiahnya elephantopus Scaber ini. Sering kali dijadikan sebagai gulma diperkarangan rumah maupun kebun. Tapak liman ini banyak tumbuh dikebun-kebun, pekarangan rumah, lapangan, sawah atau dipinggir jalan sekalipun. Karena tanaman ini cocok tumbuh di iklim indonesia sehingga tumbuh subur di setiap tempat.

Pengertian Daun Tapak Liman

Tapak liman atau dalam nama latin Elephanthopus Scaber yang merupakan jenis tanaman ternak dengan ketinggian mencapai 10 hingga 18 cm. Tapak liman memiliki batang pohon yang kaku dan bercabang, akar tunggang, berbentuk seperti bulat telur, dan memiliki tunggal, pada mahkota bunga tapak liman ini berwarna putih hinga berwarna ungu kemerahan, dan buahnya berambut.

Bagi sebagian orang yang mengetahui manfaat dari tanaman tapak liman ini sering menggunakan daun ini untuk membantu menjaga kesehatan, dan seluruh bagian dari tanaman tapak liman ini dapat digunakan sebagai obat alami. Salah satu khasiat dari tanaman ini yakni sebagai pemicu gairah seksual sehingga dalam jawa dikenal dengan sebutan Viagra Jawa. Hal tersebut disebabkan tanaman tapak liman mengandung kandungan senyawa stigmaterol yang dapat membentuk hormon progesterone sehingga akan memicu gairah pamakainya.

Disamping khasiatnya sebagai pembangkit gairah, ternyata tanaman tapak liman ini berkhasiat melancarkan buang air kecil, menyembuhkan berbagai jenis peradangan termasuk mengatasi radang rahin atau keputihan, melancarkan peredaran darah, obat anti anemia, mengatasi perut kembuh, disentri, antikanker, pembersih darah, sakit digigit ular berbisa, hingga mengobati hepatitis.

Kandungan Daun Tapak Liman

Pada bagian daunnya memiliki banyak kandungan seperti lupeol, epifrielinol, dotriacontan-l-ol, Stiqmasterol, lupeol acetat, triqcontan-l-ol, deoxyelephantopin dan isodeozyelephantopin. Sedangkan pada bagian bunga mengandung zat luteolin-7glucoside. Senyawa yang umumnya digunakan sebagai anti tumor, antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus, penghilang anti radang dan penyebab dari keputihan.

Inilah 10 Khasiat dan Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan / Keluhan Penyakit.

  • Manfaat untuk Mengobati Radang

    Seperti yang sudah jelaskan di atas bahwa tanaman tapak liman ini dapat mengobati peradangan cara mengobati anti radang ini dengan mengeringkan tanaman tapak liman, kemudian direbus dengan air mineral dan saringlah jika sudah minum secara rutin sampai radangnya sembuh.
  • Manfaat Untuk Anemia atau Kurang Darah

    Kurang darah merupakan salah satu penyakit dianggap remeh padahal jika tidak segera diobati dapat membahayakan kesehatan si penderita, dan untuk mengobati anemia atau kurang darah ini dengan tapak liman yang sudah di cuci sampai bersih. Kemudian ditumbuk hingga halus dan di tambahkan air setengah matang, setelah itu kocoklah satu butir kuning telur yang sebelumnya sudah dicampur dengan satu sendok madu. Lalu ramuan tersebut bisa langsung diminum sehari sekali selama satu minggu hingga anemia sembuh.
  • Manfaat Untuk Mengatasi Hepatitis

    Hepatitis merupakan penyakit yang jarang ditemukan pada kasus kasus sebelumnya namun penyakit ini harus segera diobati agar tidak membahayakan kesehatan pasien, caranya dengan merebus tumbuhan tapak liman ini dan meminum hasil dari air rebusan tersebut. Dengan melakukan cara tersebut dipercaya akan membantu menyembuhkan penyakit hepatitis tersebut.
  • Manfaat Untuk Mengobati Nyeri Haid

    Untuk mengobati nyeri haid pada masa menstruasi dengan tanaman tapak liman ini yakni dengan menyiapkan tanaman tapak liman yang sudah dipotong, satu sendok teh asam, beberapa irisan temulawak, kunyit dan gula merah secukupnya. Kemudian masukkan bahan-bahan yang sudah dipisahkan ke dalam wadah yang berisi 4 gelas air yang sudah mendidih, kemudian diamkan sampai tersisa 2 gelas saja. Lalu minumlah obat nyeri haid tersebut setengah gelas 3 kali sehari.
  • Manfaat Untuk mengurangi Keputihan

    Selain dapat mengobati beberapa jenis penyakit diatas tadi, ternyata tanaman tapak liman ini juga mampu mengurangi keputihan atau radang rahim. Caranya kita hanya perlu menyiapkan satu potong tanaman tapak liman segar yang sudah dibersihkan sebelumnya, setelah itu tambahkan 1/4 genggam meniran, kunyit, 1/4 genggam daun sambiloto, temu kunci dan daun sirih sebanyak 3 lembar daun, kemudain siapkan 4 gelas air mineral yang akan digunakan untuk merebus dan diamkan rebusan tadi sampai airnya hanya tersisa 2 gelas, jika sudah maka minumlah setengah gelas air rambuan 3 kali sehari. Sampai lama kelamaan keputihan tersebut berkurang secara signifikan.
  • Manfat Untuk Mengobati Cacar Air

    Cacar air ini sering sekali di alami oleh anak-anak dan balita karena keluarnya bakteri dan virus yang berada di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui cacar air karena penyakit ini sering terjadi pada anak anak dan membuat tidak nyaman dalam tubuh anak-anak maka anda bisa melakukan pengobatan secara herbal dengan menggunakan tanaman tapak liman utnuk membantu mengobati cacar air caranya yaitu tapak liman bisa saja di rebus dan dapat di campurkan dengan kencur atau temulawak, kunyit, asam lawak dan gula merah agar bisa menyembuhkan cacar air yang di derita oleh anak-anak.
  • Manfaat Untuk Mengatasi Perut Kembung

    Perut kembung biasanya dikarenakan banyak gas yang terdapat di dalam perut, sehingga perut terasa tidak enak dan terasa penuh. Jika tidak ingin terlalu lama merasakan pada bagian perut maka anda cukup merebus daun fungsi tapak liman sebanyak 50 gram dengan tambahan air sebanyak  4 gelas hingga menjadi 2 gelas. Lalu minum 2 kali sehari secara rutin maka akan mengatasi perut kembung anda.
  • Manfaat Untuk Mengatasi Sakit Biri Biri (Beri Beri)

    Penyakit biri-biri merupakan bagian tubuh mengalami pembengkakan, dan biasanya yang sering mengalami pembekuan di bagian kaki. Dan sakit biri biri terjadi karena keadaan lingkungan yang dingin sehingga bagian tubuh mengalami kedinginan. Selain membekukan bagian tubu, penyakit biri biri ini dapat menimbulkan rasa pegal pada tubuh. Untuk mengobati sakit ini dengan tapak liman caranya pun sangat mudah, dengan menyiapkan 60 gram daun tapak liman dengan tambahan tahu dan sedikit air, yang di olah menjadi makanan tim. Konsumsi hingga habis makanan olahan fungsi tapak liman ini, dan ulangi setiap hari hingga penyakit biri biri yang anda alami sembuh.
  • Manfaat Untuk Mengobati Influenza

    Influenza atau flu disebabkan karena bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh, biasanya jika terserang virus tersebut diakibatkan daya tahan tubuh anda sedang melemah, sehingga daya tahan ubuh tidak dapat melawan virus yang akan memasuki tubuh. Walaupun sakit flu terbilang penyakit ringan namun jika di diamkan juga tidak baik bagi tubuh, oleh karena itu anda harus segera mengobati flu anda dengan daun tapak liman yang sudah kering lalu di rebus hingga mendidih, kemudian minum air rebusan tapak liman sebanyak dua gelas sebanyak tiga kali sehari. Sehingga flu yang anda derita akan cepat sembuh.
  • Manfaat Untuk Mengatasi Eksim Kulit

    Penyakit eksmin ini menyerang tubuh bagian kulit sehingga meradang pada bagian kulit ini bisa disebabkan dari berbagai hal, salah satunya adalah dari alergi terhadap makanan. Dan jika anda ingin mengobati penyakit eksim kulit anda cukup dengan meminum air rebusan daun fungsi tapak liman secara teratur setiap hari dan tumbuk daun tapak liman dan tempelkan pada bagian kulit yang meradang akibat eksim sehingga penyembuhak eksim akan lebih cepat.

Cara Pemakaian Untuk Semua Keluhan / Penyakit

  • Cucilah akar tapak liman yang masih segar
  • Potong potong seperlunya
  • Lalu Masukan dengan panci beserta potongan daging secukupnya
  • Tambahkan air sampai seluruh bahan terendam berada sekitar 3 cm diatas
  • Rebuslah sampai air rebusannya hanya tersisa sedikit
  • Lalu dinginkan terlebih dahulu
  • Saringlah air rebusan tanaman tapak liman
  • Minumlah 2x sehari disaat pagi hari dan sore hari
  • Dan dagingnya bisa di makan selama 4-5 hari.
Janga Lupa Baca Juga Artikel Pengobatan Herbal Alami

Nah itulah mengenai tanaman tapak liman dan berbagai manfaat yang terkandung pada tanamant tersebut, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi segala penyakit yang terdapat pada tubuh anda. Semoga bermanfaat.

Tags : Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan

Bagikan ke

300x250

0 Response

© 2013 Kumpulan Informasi Tentang Kesehatan - All Rights Reserved
Back to Top