Kandungan dan Manfaat Pada Buah Pisang

Beberapa Khasiat dan manfaat buah pisang:
Pisang Buah yang satu sangat populer dikalangan kita, selain karna mudah didapat, murah buah ini juga banyak kandungan vitaminya. Pisang adalah pohon jenis Terna dari suku musaceae dengan batang yang  kuat, dan daun-duan yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah pohon ini nampak dalam bentuk sisr-sisir, yang tiap sisirnya berisi (10-20) pisang mengandung nutrisi enam yaitu: air, gula, protein, lemak, vitamin, vitamin, dan mineral. Dan berkat tingginya nilai gizi yang dikandungnya, maka ia telah menjadi makanan penting bagi banyak orang. Konon buah ini berasal dari asia tenggara kemudian buah ini muali menyebar ke benua bagian barat. Dan perlu diketahui bahwa indonesia merupakan salah satu negara penghasil pisang terbanyak, yaitu pada urutan ke empat dunia. Dalam pisang terkandung banyak serat dan beberapa vitamin.

Kandungan Buah Pisang:

Air 68%.Gula 25%, Protein 1%, Lemak dan Minyak, serat Selulosa 1% Sebagai manan juga mengandung pati dan asalm tanin. Vitamin A, Vitamin B dengan jenisnya B1, B2, B 6 dan 12. Persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium, Fosfor Besi, Sodium, Kalium, Magnesium dan seng.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalan pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

  • Obat hipertensi

Kandungan kalium membantu mengaturkeseimbangan cairan dan elektronik sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.

  • Mencegah penyakit jantung

Vitamin C dan Flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

  • Kesehatan janin

Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.

  • Mengatasi anemia

Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.

  • Mengatasi gangguan percernaan

Pisang memiliki khasiat antisida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihan pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.

  • Menurunkan berat badan

Karbohidrat komleks tidak menaikkan kadar glukosa denga drastis, juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak, Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.

Begitulah pengertian kesehatan buah pisang semoga bermanfaat bagi anda dan menperluas wawasan pengetahuan dari beberapa Buah Buahan.

Terima Kasih ^^

Bagikan ke

300x250

0 Response

© 2013 Kumpulan Informasi Tentang Kesehatan - All Rights Reserved
Back to Top